baden powelll

ARTIKEL BODEN POWELL
Boden Powell
BodenPowell adalah Bapak Pandu Dunia. Robert Stephenson Smyth Boden Powell of Gilwell adalah nama lengkap Boden Powell. Boden Powell adalah seorang tentara inggris dan penemu The Boy Scout yang lahir di London, Inggris pada tanggal 22 Februari 1857, dan merupakan lulusan Cartherhouse School. Boden Powell biasa dipanggil oleh para pandu dengan sebutan Boden Powell atau BP (bee pee/bipi). Sedangkan nama kecil Boden Powell adalah Ste, Stephe, atau Stephenson, dan baru dipanggil dengan nama Robert atau Sir Robert, setelah mendapat gelar kesaria dari Raja Inggris.
Ayah BP bernama Prof. Domine Boden Powell seorang guru besar geometri di Universitas Oxford, Inggris. Beliau menikah dengan Miss Henrietta Grace Smyth, seorang puteri dari Admiral Kerajaan Inggris yang terkenal yaitu William T. Smyth.
Boden Powell dilahirkan dalam sebuah keluarga besar. Boden Powell mempunyai sembilan saudara, yaitu Henrietta, Agnes, August, Warington, Jessie, Frank, Baden Flatcher, Penrose, George. Boden Powell bersama saudara-saudaranya bertambah akrab ketika sepeninggalan ayahnya, pada tanggal 11 Juni 1860. Pada usia 3 tahun Boden Powell menjadi  seorang anak yatim. Sehingga, dengan usia sangat muda, Boden Powell dituntut untuk dapat hidup mandiri. Boden Powell telah berusaha hidup mandiri dengan hanya didukung oleh kekerasan hati serta keteguhan ibundanya tercinta yaitu Ny. Henietta Grace.
Boden Powell sejak kecil sudah banyak mengagumi karya-karya dari para ilmuwan yang terkenal, seperti Charles Darwin, Babage, George Elliot dan G.H. Lewes.
Boden Powell sekolah di Charterhouse School pada tahun 1870. Di Charterhouse, Boden Powell merupakan siswa yang sangat pandai sehingga Boden Powell sering meraih beasiswa. Boden Powell juga mengikuti banyak kegiatan ekstrakulikuler, seperti Marching Band, Klub Menembak, Teater, Melukis, Menggambar, dan Kiper kesebelasan Carterhose. Di Carterhouse ini Boden mendapatkan julukan Bathing Towel.
Boden Powell tamat sekolah pada usia 19 tahun. Kemudian Boden Powell memutuskan untuk bergabung dengan dinas kemiliteran, atas bantuan pamannya, Kolonel Henry Smyth, komandan dari Royal Mlitary Academy di Woolwich. Setelah lulus dari akademi kemiliteran, Boden Powell ditempatkan di India dengan pangkat pembantu letnan.
Pada tahun 1912, Boden Powell mengadakan perjalanan keliling dunia untuk menemui para pandu di berbagai negara. Boden Powell menikah dengan Olave St. Clair Soames pada tahun tersebut, dan dikaruniai 3 orang anak bernama Peter, Heater, dan Betty.
Pada tahun 1920, para pandu sedunia berkumpul di Olimpia, London, Inggris dalam acara Jambore Dunia yang pertama. Pada hari terakhir kegiatan jambore tersebut (6 Agustus 1920) Boden Powell diangkat sebagai Chief Scout Of The World atau Bapak Pandu Dunia. Boden Powell juga dianugerahi gelar Lord Boden Powell Of Gilwell, dengan julukan Baron oleh Raja George V.
Setelah mengelilingi seluruh dunia, termasuk Batavia yang sekarang menjadi Jakarta pada tanggal 3 Desember 1934. Bersama istrinya atau Lady Boden Powell menghabiskan masa-masanya di Inggris kemudian Boden Powell kembali ke tanah yang amat dicintainnya, yaitu Afrika.
Boden Powell menghabiskan masa tuanya di Nyeri, Kenya. Beliau akhirnya, wafat pada tanggal 8 Januari 1941 dan dengan diantar di atas kereta yang ditarik oleh para pandu yang sangat dicintainnya ke tempat peristirahatan terakhir.

Dari kisah hidup Boden Powell di atas, kita dapat mengambil banyak pelajaran berharga. Tidak salah jika Boden Powell dianggap sebagai tokoh universal. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEMAH PPAB SPEGA UNGARAN

cara menghias kamar menjadi cantik

DZIKIR AMALAN YANG DICINTAI ALLAH